“TREN IKUT-IKUTAN TANDA KEBODOHAN BANGSA”

Posted on Updated on


images (1) images

Trend yang akhir-akhir ini melanda bangsa ini mempertanyakan adanya identitas didalam  bangsa ini. penggrogotan terjadi di banyak sisi, mulai dari jenis tarian, model pakaian, model rambut, aliran musik dan banyak lainnya. Sehingga tidak dipungkiri lagi bangsa ini pun semakin krisis identitas.

Dewasa ini, tarian harlem shake dan gan nang style meledak di bumi pertiwi, gaya yang nge-trend dimata beberapa anak kecil hingga dewasa. Miris sekali melihat realita demikian, padahal tarian-tarian tersebut merupakan  bentuk pengakuan kebodohan kita atas ketidak mampuan kita dalam menjaga dan melestariakan budaya. Tarian  yang jelas-jelas  import dari new york (harlem shake) dan  import dari korea selatan (gan nang style). Identitas bangsa pun dipertanyakan kepada pemuda dewasa ini, karena dengan sukarela dan tanpa merasa berdosa mereka pun berduyun-duyun untuk menghapus karya besar leluhur bangsa.

Budaya ikut-ikutan yang hari ini mengilhami sebagian besar anak bangsa. Dijunjung dengan banternya kemajuan teknologi, hal ini mempersulit pembatasan asupan yang dicerna anak bangsa. Sehingga apa yang dikonsumsi oleh anak bangsa tidak bisa dikontrol, karena kemajuan teknologi ini mampu menghapus batas teritori wilayah, sehingga dunia seakan-akan hanya selebar jangkauan tangan.

Pengetahuan akan perwujudan identitas bangsa dalam kehidupan sehari-hari harus dipaksakan kepada masyarakat, karena itu adalah tugas wajib kita sebagai putra bangsa untuk menjunjung tinggi tanah air. Adanya kerjasama antara rakyat dan pemerintah akan menjadi modal yang kuat dalam penguatan identitas bangsa. Pemerintah harus berani memproteksi negara kita dari tangan-tangan asing yang ingin mengeruk kekayaan negara dan rakyat sendiri harus benar-benar jeli dalam mengkonsumsi budaya luar.

Adanya identitas yang tidak bisa dimainkan oleh bangsa kita hari ini, menyebabkan identitas kita kaku dan terkesan kuno. Inovasi terhadap budaya nusantara  yang perlu di gebrakan bersama. Tidak hanya sekedar tanggung jawab memelihara budaya akan tetapi bagaimana budaya kita menjadi trend dikalangan negara negeri sendiri bahkan bisa menjadi daya pikat dimata dunia.

jangan lupa komentar ya................

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s