Pribumi; Harga Mati

Posted on Updated on


download

Masih terniang dalam ingatan kita semua bahwa pada awal tahun 2012 peristiwa yang meletup disampang. Adanya kesenjangan hebat antara warga yang mengatasnamakan perseteruan antara aliran agama. Satu minggu  terakhir perseteruan syiah dan  syuni (aliran mayoritas disampang) di letupkan lagi. Kemarau panjang ternyata belum juga terguyur oleh hujan, itulah istilah yang pantas untuk disematkan pada fenomena pengusiran syiah sampang.

Coretan hitam pun semakin kental kepada negara ini, yang masih belum bisa menghargai perbedaan ini. Dan tindakan yang dilakukan pun lebih pada interaksi tunggal, sehingga tidak mengimplmentasikan Ke-Bhineka tunggal ika-an dan NKRI. bertolak belakang sekali dengan penghargaan yang diberikan oleh Appeal of Conscience Foundation (ACF) di New York, AS kepada presiden Susilo Bambang yudhoyono sebagai pengakuan atas prestasi “Dalam upaya internasional untuk memelihara perdamaian bersama dan dorongan untuk meningkatkan hak asasi manusia, kebebasan beragama, dan kerja sama antar agama.”

Perlu disimak kembali mungkin bagi seluruh civil society negara indonesia. Sebagai negara yang mampu memelihara dan menjaga negaranya. Insan pancasila bukan hanya untuk mengejar dan mencitrakan diri, tetapi lebih pada subtantif penyelesaian masalah. Bukankah budaya pamrih itu sudah diajarkan oleh leluhur kita, tetapi kenapa kelakuan kita hari ini lebih suka dikejar-kejar oleh popularitas semata.

Semoga kedepan warga negara indonesia tidak menjadi warga asing di negerinya sendiri, dan jangan sampai kita menganggap warga asing lebih muliah di negeri ini. jauhkan negara ini dari tangan-tangan asing dan lebih ramahlah pada warga pribumi karena pada akhirnya pun mereka akan mati-matian memperjuangkan bumi nusantara ini.

By; Erwanto

jangan lupa komentar ya................

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s