PANCASILA ITU YA ISLAM

Posted on Updated on


PANCASILA !

Indonesia mayoritas penduduknya adalah islam, sehingga banyak isu-isu yang berkembang penggulingan dasar negara, utamanya kelompok-kelompok islam fundamentalis. kelompok-kelompok tersebut merasa tidak puas atas dasar negara, karena menganggap tidak sesuainya dasar tersebut dengan syariat islam. Hal itu ditenggarai dengan kemerosotan moralitas di negeri ini.

Kasus yang tiada akhirnya adalah korupsi, yang menyeret kemorosotan moral para pejabat pemerintahan. Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh survey Trnsparancy international tahun 2011, indonesia memiliki indeks presepsi korupsi (IPK) sebesar 3 dari skala 0-10 (0, berarti sangat korup dan 10, sangat bersih). Prestasi hina inilah yang belakangan ini menjadi sudut penilaian ketidakberhasilan sebuah sistem negara.

Pergantian sebuah sistem bisa dilakukan kapan pun, akan tetapi kita harus mengetahui sejarah dari lahirnya negara ini, mengetahui alasan kenapa sistem itu yang digunakan, dan juga tahu cara mengukur sebuah kesalahan dari sistem. Ada pertanyaan mendasar “kenapa sih negara ini tidak memakai bentuk islam, kan dahulu pendiri-pendiri bahkan presiden pertamapun bergama islam juga?….

Perlu diketahui bersama bahwa, permasalahan terkait bentuk negara, dahulu juga menjadi perdebatan bagi para pendiri bangsa ini. Jurang pemisah sangat dalam antara pendukung negara sekular dan negara islam tampak mengaga lebar .Meski demikian perlu dicatat bahwa teradapat kesepemahaman dikalangan tokoh nasionalis indonesia, dari Soekarno, Moh Hatta, Supomo dan Ki hajar dewantara: lebih mementingkan kolektivisme, prinsip kekeluargaan dan gotong royong dari pada individualisme. Hal ini dijelaskan dalam buku Bernhard Dahm dengan judul sukarno and struggle for indonesian independence.

Prinsip inklusivitas yang digunakan oleh para pendahulu bukanlah kemudian menafikkan tanggung jawab kita sebagai hamba Allah dan khalifatullah. Akan tetapi dengan hal tersebut kita semakin mempertegas bahwa islam adalah agama rahmatan lil alamin, agama yang tidak mengajarkan  pemaksaan kepada siapapun dan dalam hal apapun.

Berdasarkan kesaksian KH Masykur ( Menteri Agama 1946-1949) pelaku sejarah ketika pendiskusian bentuk negara antara beliau sendiri bersama KH.Wahid Hasyim dan KH Kahar Muzakkir beserta Soekarno. lahir lah yang namanya pancasila, sebuah maha karya terhebat yang pernah dihasilkan oleh nenek moyang kita sebagai dasar bentuk negara. Sokarno pun berpendapat bahwa “Kita umat islam mengatakan dasar islam itu isimnya diambil, kalau pancasila itu musamahnya yang diambil. Sila-sila itu musamahnya islam, isi islam, isim islam dan musamahnya pancasila”.

Jadi pancasila itu secara subtansial adalah islam. Dan tidak harus di buat secara deskriptif islam, karena kita harus ingat di indonesia ini, penduduknya tidak hanya islam saja tetapi ada umat kristiani, hindu, budhah dan tionghoa. Kalau mau memaksa memakai bentuk negara islam secara eksplisit lalu bagaimana dengan nasib umat agama lain.

jangan lupa komentar ya................

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s