IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Posted on


 

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan,isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi (UU No.12 tahun 2012, pasal 35 yat (1))

Keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang dari upaya-upaya mendesain kurikulum, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum termasuk pembelajaran serta penilaian pembeajaran dan kurikulum (Anita Lie,2012,Posted Tue,12/18/2012)

Sedikitnya ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda kementrian untuk implementasi kurikulum 2013

Pertama , berkait dengan buku pegangan dan buku murid. Ini penting ,jika kurikulum mengalami perbaikan, sementara bukunya tetap, maka bisa jadi kurikulum hanya sebagai macan kertas. Pemerintah bertekad untuk menyiapkan buku induk untuk pegangan guru dan murid, yang tentu saja dua buku itu berbeda konten satu dengan lainnya.

Kedua, pelatihan guru. Karena implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap, maka pelatihan kepada guru pun dilakukan bertahap. Jika implementasi di mulai untuk kelas satu, empat dijenjang SD dan kelas tujuh di SMP serta kelas sepuluh di SMA /SMK, tentu guru yang diikutkan dalam pelatihan pun, berkisar antara 400 sampai 500 ribuan.

Ketiga, tata kelola, kementrian sudah pula memikirkan terhadap tata kelola di tingkat satuan pendidikan.  Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah. Sebagai misal , administrasi buku raport. Tntu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka raport pun harus berubah.

Intinya jangan sekali-kali persoalan implementasi kurikulum dihadapkan pada stigma persoalan yang kemungkinan akan menjerat kita untuk tidak mau melakukan perubahan. Padahal kita sepakat, perubahan itu sesuatu yang niscahaya harus dihadapi mana kala kita ingin terus maju dan berkembang, bukankah melalui perubahan kurikulum ini sesungguhnya kita ingin membeli masa depan anak didik kita dengan harga sekarang

Isi Kurikulum

Selain berisi deskripsi kompetensi dasar, kurikulum ini berisi pula kompetensi inti dan struktur kurikulum. Demikian juga memngenai berbagai tema yang diintegrasikan dari kompetensi dasar berbagai mata pelajaran. Kompetensi dasar dikembangkan dari kompetensi inti, sedangkan kompetensi inti mengacu pada struktur kurikulum. Kompetensi inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai kompetensi dasar kedalam aspek sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang harus diplajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi inti harus  dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembeljaran siswa yang aktif. Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran di setiap kelas.

jangan lupa komentar ya................

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s