“ PELANTIKAN & RAPAT KERJA PENGURUS KOMISARIAT SUNAN AMPEL MASA KHIDMAT 2012-2013 ”

Posted on Updated on


logo-pmii copy“ PELANTIKAN & RAPAT KERJA PENGURUS KOMISARIAT SUNAN AMPEL MASA KHIDMAT 2012-2013 ”

Gerimis yang mengguyur sabtu 22 Desember 2012,  tak menyurutkan semangat pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sunan Ampel Malang 2012-2013 dalam prosesi pelantikan pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Sunan Ampel Malang masa khidmat 2012-2013 yang merupakan langkah awal menuju seribu langkah kedepan dalam tanggung jawabnya sebagai insan ulul albab yang akan mempertanggung jawabkan ilmu nya untuk menegakkan kemashlahatan di muka bumi ini.

Agenda sakral ini dihadiri beberapa sahabat IKAPMI Uin Maulana Malik Ibrahim Malang (Dr. H. A. Muhtadi Ridwan M.Ag, Dr. H. Roibin, M.Hi dan Romi Faslah S.E,. MM) dan sahabat-sahabat dari  komisariat kota Malang. Agenda pelantikan dan raker disini terdapat 3 rangkain acara dan dengan harapan ini mampu memperkokoh kepengurusan PMII Komisariat Sunan Ampel Malang  masa khidmat 2012-2013, diantaranya adalah prosesi pelantikan itu sendiri, dimana hal ini merupakan suatu prosesi yang secara yuridish melegalkan kepengurusan komisariat Sunan Ampel Malang 2012-2013 dan juga diharapkan bahwasanya dengan prosesi ini menyadarkan pengurus komisariat agar lebih mendalami dan memahami bahwa pengurus komisariat tidak hanya sekedar memperoleh jabatan semata akan tetapi merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab dalam memperjuangkan nilai dan cita-cita luhur PMII dilingkungan komisariat Sunan ampel ( Uin Maulana Malik Ibrahim Malang),  untuk meciptakan suasana sosial yang tertata sesuai dengan  tatanan masyarakat yang selalu menjunjung nilai kemanusaiaan karena kita mengetahui bahwa pergulatan yang ada dikampus  ini merupakan miniatur pergulatan dalam kehidupan bermasyarakat dan ini nantinya yang kan menjadi bekal keder-kader PMII setelah lulus dan terjun di masyarakat.

Rangkaian acara kedua adalah orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag beliau adalah Dekan fakultas Ekonomi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. ketika beliau menjadi  mahasiswa beliau juga aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam orasi ilmiah dengan tema “ Membangun Spirit Pmii Dalam Melihat Realita Sosial “ yang disampaikan beliau, terdapat beberapa hal yang disampaikan bahwasanya dalam pelantikan ini merupakan ajang refleksi kepengurusan periode yang sebelumnya. Segala sesuatu yang sebelumnya menjadi kelemahan dan hambatan dalam menjalankan amanah organisasi maka menjadi tanggung jawab pengurus sekarang untuk menganalisis dan mencari jalan keluarnya serta  memfokuskan diri untuk tetap memperjuangkan segala sesuatu yang menjadi kekuatan pada masa sebelumnya. Selanjutnya disampaikan pula oleh beliau bahwasanya dalam perjalanan pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Sunan Ampel malang kedepan ada beberapa komponen lembaga yang harus dipertimbangkan agar kepengurusan tetap stabil yang pertama yaitu Rayon-rayon dimana terdapat anggota dan kader PMII menjadi ujung tobak kaderisasi ditataran basis dan yang menjadi target awal kaderisasi PMII, proses anggota dan kader mengenal pertama kali PMII ialah di rayon, merasakan suasana suka dan pedihnya merekrut dan merawat anggota atau kader juga di rayon maka disini pengurus komisariat perlu mencari formula untuk memposisikan pengurus komisatiat paling tidak bisa menjadi mediator dalam penyelasian proses kaderisasi yang berkutat di masing-masing rayon, dimana setiap masing-masing rayon memilki pola kaderisasi dan medan yang berbeda- beda.

Kedua internal pengurus komisariat sendiri, organisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak terjalin komunikasi yang ideal antar pengurus, karena dalam satu periode terdapat banyak sekali agenda dan momentum yang harus dilakukan oleh pengurus komisariat dan yang pasti dibutuhkan partisipasi dari banyak pengurus untuk melaksanakannya sehingga kegiatan yang ada bisa terlaksana dengan baik oleh karena itu harus dirumuskan pola komunikasi yang idela antar pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Sunan Ampel malang.  Ketiga  untuk IKAPMI sendiri yang menjadi ruang bagi alumni PMII untuk tetap melanjutkan pejuangannya selepas dari PMII sendiri juga menjadi bagin tersendiri dalam rute perjalanan kepengurusan komisariat kedepan dengan pengalaman IKAPMI yang sebelumnya telah memperjuangkan nilai-nilai luhur PMII lebih awal bisa menjadi modal perimbangan pengurus walaupun apa yang menjadi sarannya belum tentu menjadi keputusan yang diambil oleh pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Sunan Ampel Malang masa khidmat 2012-2013.

Selanjutnya yang terakhir yaitu untuk memperhatikan segala hasil produk hukum dan kebijakan yang telah diputuskan oleh pengurus PMII cabang Kota Malang karena pengurus cabang juga memiliki otoritas dalam memebentuk cabang branded yang menjadi patokan kaderisasi dan gerakan PMII se-indonesia akan tetapi apabila terdapat ketidaksinergisan antara pengurus PMII cabang kota Malang  dengan dibawahnya maka PMII Komisariat suanan Ampel pun berhak untuk mengadakan dialog dengan PMII Cabang kota Malang terkait kebijakan yang diputuskan sehingga akan terbentuk kekokohan organisasi.

Selain keempat hal tersebut ada pemaparan yang diperkuat oleh nara sumber terkait dengan statemen yang dilontarkan oleh sahabat habib sekertaris bidang I PMII Cabang Kota Malang mengenai disiplin kaderisasi dimana didalam internal PMII se-malang raya ini mengalami ketidakdisiplinanan kaderisasi misalnya saja terdapatnya keterlambatan dalam setiap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan PMII baik itu kaderisasi Formal, informal maupun non formal dan ini menjadi ajang refleksi tersendiri bagi internal PMII, kita tidak perlu malu untuk mengakui bahwa memang terjadi ketidakdisiplinan tersebut dan dan kita tidak perlu mempermasalahkan hal tersebut akan tetapi marilah kita bersama –sama menegakkan kedisiplinan berorganisasi mulai dari hal yang kecil sampai hal yang terbesar.

Pelantikan pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Sunan Ampel Malang berakhir pukul 17.00 WIB dan agenda dilanjutkan kembali dengan rapat kerja pengurus pada pukul 21.00 WIB rapat kerja tersebut dilaksanakan di aula lantai dua komisariat Sunan Ampel Malang. Rapat kerja tersebut selai mrumuskan program-program kerja juga mengukuhkan VISI dan MISI Komisariat Sunan Ampel Malang periode 2012-2013 dimana yang menjadi dasarnya adalah hasil XXXIX yang kemudian di fusikan dengan VISI dan MISI ketua komisariat serta mengakomodir beberapa masukan dari sahabat-sahabat pengurus dan dihasilkannlah rumusan VISI dan MISI Komisariat Sunan Ampel Malang periode 2012-2013 sebagai berikut :

  • VISI : “ Revitalisasi kaderisasi dan gerakan berdasarkan TRILOGI PMII ( Tri Motto, Tri Khidmat dan Tri Komitmen) ”
  • MISI :

ü  Mempertajam kembali nilai-nilai keislaman dilingkungan komisariat Sunan Ampel dan masyarakat sekitar

ü  Menumbuhkan kembali karakteristik kaderisasi dilingkungan komisariat Sunan Ampel Malang

ü  Mewujudkan gerakan social politik  dan media

ü  Memberdayakan soft skill kader dilingkungan komisariat Sunan Ampel Malang

Demikianlah rumusan Visi dan Misi Komisariat Sunan Ampel 2012-2013 dengan harapan kedepan komisariat mampu menjalankannya sehingga akan terbentuk  kaderisasi dan gerakan yang ideal yang sesuai dengan medan dan posisi PMII di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga telah melauli tahap yang telah dirumuskan dan direncanakan pada waktu rapat kerja pengurus komisariat Sunan Ampel Malang 2012-2013. Kepengurusan satu tahun adalah kepengurusan yang singkat bukan kemudian ini menjadi sebuah keluhan dan tempat kumpulan analisis kelemahan tanpa eksekusi penyelesaian akan tetapi dengan waktu yang singkat ini maka terdapat makna tersendiri yang bisa menjadi semangat bagi kader PMII untuk berfikir cepat dalam setiap perihal yang dilakukan selama kepengurusan kedepan karena kecepatan berfikir ini menjadi sebuah jawaban dalam mengimbangi peradaban zaman yang hari ini menjadi serba instan dan cepat,  tanpa kemudian kader PMII melupakan subtansi yang kita perjuangkan bersama sebagai Khalifah Fil Ardh.

jangan lupa komentar ya................

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s